Senin, 07 Mei 2012

Tahukah kamu manfaat donor darah?



Manfaat donor darah – bagi kesehatan sang pendonor darah.
Donor darah, sebuah proses dimana kita menyumbangkan darah kita pada orang lain yang membutuhkan. Suatu pekerjaan yang mulia. Banyak orang beranggapan bahwa donor darah membuat kita lemas dan tak bergairah namun dibalik semua itu, manfaat donor darah sungguh luar biasa bagi sang penerima darah maupun sang pendonor darah. fungsi darah itu sendiripun sangat vital salah satunya membawa kadar oksigen yang telah dicuci oleh jantung keseluruh jaringan tubuh. Masa aktif darah kita selama 120 hari saja setelah itu akan dihancurkan oleh tubuh. Jadi saran saya donorkan darah anda setiap 3 bulan sekali. Untuk lebih jelasnya silahkan baca manfaat donor darah bagi kesehatan di bawah ini.



Manfaat donor darah :
  1. Meningkatkan kemampuan memproduksi sel darah merah. Saat anda mendonorkan darah anda, tentu anda akan kehilangan sel darah merah anda. Tetap anda tak perlu khawatir kehabisan sel darah merah ini. Ketika anda mendonorkan darah anda secara otomatis sumsum tulang belakang anda akan bekerja untuk menghasilkan sel darah merah yang baru. Jadi jika anda rutin donor darah setiap 3 bulan sekali akan membuat anda lebih sehat karena adanya sirkulasi pergantian sel darah merah.
  2. Selain itu manfaat donor darah juga untuk menurunkan berat tubuh. Salah satu cara yang dilakukan para wanita untuk menurunkan berat badannya setelah kehamilan. Dengan mendonor darah sebanyak 500 ml maka tubuh akan melakukan pembakaran sekitar 700 kalori.
  3. Menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini terjadi karena tingginya zat besi dalam darah kita. Penjelasaannya sebagai berikut, ketika zat besi yang terkandung dalam darah kita memiliki kadar yang tinggi / berlebihan maka akan terjadi oksidasi kolesterol. Zat yang tercipta dari hasil oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri jantung kita. Dengan penumpukan tersebut akan menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah pada jantung kita dan akibatnya sangatlah fatal (serangan jantung dan stroke). Maka dari itu mendonorkan darah kita merupakan cara menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.
  4. Mengetahui penyakit berbahaya. Saat anda mendonorkan darah, darah anda tidak langsung digunakan / diberikan pada penerima donor tetapi darah anda akan di cek terlebih dahulu. Pengecekan tersebut lebih mengarah pada penyakit yang terkandung dalam darah anda seperti hepatitis, malaria, HIV dan lain-lain. Informasi seperti ini sangatlah penting bagi penerima darah (untuk mengantisipasi penularan penyakit). Sedangkan bagi anda (sang pendonor), informasi tersebut dapat anda gunakan sebagai acuan untuk mengetahui kondisi kesehatan anda. Jadi anda bisa lebih memperhatikannya. Sungguh luar biasa
  5. Menentramkan jiwa. Mendonorkan darah memiliki efek yang baik untuk kesehatan psikologi kita. Rasa senang dan bahagia karena bisa membantu orang lain. Itulah manfaat donor darah yang dapat saya sampaikan.
Semoga artikel tentang manfaat donor darah diatas dapat membantu kita.

Tidak ada komentar: